Resep tips dan Bumbu Sate satay Kambing Madura Bumbu Kacang yang enak dan gurih

Resep resep satay yang baru dan enak

Resep tips dan Bumbu  Sate satay Kambing Madura Bumbu Kacang yang enak dan gurih

Cara Memasak Resep Sate Kambing Madura Bumbu Kacang Empuk dan tips supaya sate empuk. Bagaimana kabar teman teman semua? Sudah kenyang pesta daging kambing dan sapinya? Memang momen hari raya kurban atau Idul Adha memang selalu ditunggu tunggu. Selain maknanya yang spesial, acara pembagian daging korbannya memnag menjadi salah satu faktor yang ditunggu tunggu. Mungkin beberapa teman masih bingung mau diapakan daging kambingnya. Untuk itu saya akan mengajak teman teman untuk membuat Sate Daging kambing Madura. Berbeda dengan resep sate kambing kecap, sate kambing solo atau resep sate kambing tegal, Resep Bumbu Sate Kambing Madura menggunakan sambal kacang, sehingga rasanya lebih legit dan lezat kalau dimakan dengan lontong atau nasi. Dibawah saya juga akan memberikan tips untuk membuat daging kambing satenya terasa empuk walaupun tidak di rebus terlebih dahulu.
Negara kita memang kaya sekali dengan warisan kuliner. Hampir di tiap daerah memiliki bumbu dan resep khas sendiri dalam setiap masakan. Begitu juga dengan Resep Sate Kambing Madura memiliki bumbu yang khas dan berbeda apabila dibandingkan dengan sate kambing tegal atau resep sate kambing solo. Tetapi kalau masalah rasa, hampir semua variasi sate kambing memiliki rasa yang enak dan lezat dengan cita rasa yang khas dari masing masing resep sate.
Yang harus menjadi perhatian dan tips supaya daging kambing yang dibakar nanti empuk adalah menggunakan daun pepaya. Potongan daging kambing jangan terlalu besar dan kemudian bungkus dengan daun pepaya kurang lebih selama 9-12 menit. Disamping itu teman teman juga bisa menggunakan parutan nanas muda. rendam daging kambing nya selamakurang lebih 5-6 menit. Ingat, jangan terlalu lama proses pengempukan dagingnya supaya nanti satenya tidak hancur saat di tusuk dan dibakar.
Tidak seperti sate kambing bumbu kecap yang simple dan sederhana, Resep Sate Kambing Bumbu Kacang memerlukan sedikit ekstra pekerjaan untuk membuat bumbu kacangnya. Mungkin teman teman mengira bahwa bumbu ini sama seperti bumbu sambel pecel, tetapi ternyata beda. Tetapi diantara resep daging kambing yang lain, masakan sate kambing memang yang paling gampang untuk dibuatnya. Mungkin yang agak ribet adalah tusukan sate dan proses memasukkan daging ke dalam tusukannya. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat resep bumbu sate kambing Madura di bawah ya. 
sate satay

Bahan dan Bumbu Resep Sate Kambing Madura Bumbu Kacang

  1. Bahan utama yang dubutuhkan adalah 500 gram daging kambing. Kalau bisa pilih daging kambing bagian paha bawah. Kalau tidak ada bagian lain juga bisa digunakan.
  2. Jeruk limau ukuran sedang besar sebanyak 2 pcs. Bisa juga menggunakan jeruk purut.
  3. Kecap manis yang kental sebanyak 250 ml. 100 ml untuk campuran bumbu kacang dan sisanya untuk olesan daging sate saat dipanggang.
  4. Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 5 pcs. Kupas dan potong kecil kecil untuk bumbu kacang.
  5. Buah Cabe merah dan cabe rawit secukupnya untuk bumbu kacangnya. Tergantung selera mau pedas atau tidak.
  6. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 siung untuk bumbu kacangnya.
  7. 250-300 gram kacang tanah. Goreng sampai matang tetapi jangan terlalu gosong.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya untuk bumbu kacang.
  9. Air matang secukupnya.
  10. Tusuk sate secukupnya (kurang lebih 20-22 pcs, tergantung potongan yang dbuat).

Cara Memasak Resep Sate Kambing Madura

  1. Setelah dipotong potong kecil sesuai selera, bungkus dengan daun pepaya atau parutan nanas supaya sate daging kambing empuk.
  2. Sambil menunggu dagingnya empuk, haluskan kacang tanah goreng, bawang merah, bawang putih, bawang merah dan cabai merahnya. Beri garam secukupnya.
  3. Masak lagi bahan bahan bumbu kacang diatas yang sudah dihaluskan sampai keluar minyaknya.
  4. Setelah daging empuk, masukkan ke dalam tusukan sate secukupnya.
  5. Ambil bumbu kacang diatas sedikit dan beri air secukupnya dan kecap manis.
  6. Siapkan bakaran sate. Bisa menggunakan bakaran gas atau lebih baik menggunakan arang kelapa. Tunggu sampai menjadi bara buat panggangan dengan arang kelapa.
  7. Olesi tusukan sate dengan bumbu kacang diatas. Bolak balik sampia semua bagian terkena bumbunya. Panggang dan jangan lupa dibolak balik supaya matangnya merata.
  8. Kalau ada sisa lemak/gajih yang tidak digunakan, beri sedikit diatas bakaran supaya baunya lebih harum.
  9. Setelah sate setengah matang, olesi lagi dengan  bumbu kacang diatas dna bakar kembali sampai benar benar matang.
  10. Siapkan bumbu kacang buat sate matangnya. Tambahkan kecap manis ke dalam sisa bumbu kacang dan aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  11. Ambil sate yang sudah matang dan sirami dengan bumbu kacang diatas. Lumuri dengan perasan jeruk limau diatasnya. Kalau mau, teman teman bisa juga memberikan potong bawang merah dan taburi di atas satenya.
Selesai sudah proses pembuatan Resep Bumbu Sate Kambing Madura dengan bumbu kacangnya. Kalau teman teman tidak mau repot dan ingin membuat resep sate kambing madura bumbu kecap, cara pembuatannya hampir sama dengan yang diatas. Tinggal bumbu kacangnya diganti dengan kecap manis, bawang merah dan jeruk limau. Untuk ide variasi resep daging kambing yang lain, silahkan mencoba Resep Tongseng Kambing atau Resep Gulai Kambing kami. Selamat mencoba.


Jangan lupa bagi bagi ya kalau sudah dibuat

Subscribe to receive free email updates: